DAUN SIRIH MERAH MAMPU MENGATSI DIABETES MELLITUS

Oleh : Zulfi Asda Zaizan Ilma – 19122249043

Diabetes mellitus (DM) merupakan salah satu penyakit yang prevalensinya semakin meningkat dari tahun ke tahun. World Health Organization (WHO) memprediksi kenaikan jumlah pasien diabetes di Indonesia dari 8,4 juta pada tahun 2000 menjadi sekitar 21,3 juta pada tahun 2030, bahkan Indonesia menempati urutan keempat di dunia sebagai jumlah penderita diabetes mellitus terbanyak setelah India, China, dan Amerika.

Badan Kesehatan dunia (WHO) merekomendasikan pengobatan tradisional (herbal) untuk mencegah dan mengobati penyakit, terutama penyakit kronis. Salah satu tanaman herbal yang mencegah dan mengobati penyakit diabetes mellitus adalah sirih merah.

Tanaman sirih merah yang termasuk dalam famili Piperaceae, , memiliki batang bulat berwarna hijau keunguan dan tidak berbunga. Daunnya bertangkai, membentuk jantung, dengan bagian atas meruncing bertepi rata, dan permurkaan mengkilap dan tidak berbulu. Daun sirih merah memiliki bentuk eksotik. Permukaan daunnya bergelombang disertai warna daun hijau, pink, dan perak pada permukaan atas daun, serta warna merah keunguan pada permukaan bawah daun, sehingga terlihat menarik.

Daun sirih merah, memiliki kandungan kimia dengan khasiat tertentu yang disebut dengan metabolit sekunder yang menyimpan senyawa aktif seperti flavonoid, alkohol, terpenoid, sianogenik, glukosida, isoprenoid, asam amino nonprotein, euganol.

Dalam dunia pengobatan tradisional, sirih merah banyak dimanfaatkan untuk pengobatan hipertensi, radang liver, radang prostat, radang mata, keputihan, maag, kanker payudara, nyeri sendi, penurun dan pengontrol kadar gula darah, kosmetika, obat gangguan jantung, TBC tulang, keputihan akut, tumor payudara, antiseptik untuk mengeliminasi mikroorganisme dari kulit atau luka, misal disebabkan oleh Candida albicans. Sebagai obat kumur dapat membantu mencegah pembentukan plak gigi dan radang gusi, obat batuk ekspektoran
Daun sirih merah mampu mengatasi diabetes mellitus, mitos atau fakta?

Fakta. Tetapi pakai sirih hijau juga bisa menurunkan kadar gula darah, tapi lebih kuat lagi pakai sirih merah kalau untuk efek menurunkan gula darah. Karena daun sirih merah efek menurunkan gula darahnya lebih kuat. Tapi, bukan berarti daun sirih hijau tidak bisa digunakan, hanya akan lebih baik jika menggunakan yang merah.

Jauh sebelum itu daun sirih ternyata sudah dimanfaatkan sebagai obat sejak zaman 400 sebelum masehi, terutama untuk mengobati luka.

Di zaman modern, daun sirih dipercaya dapat mengurangi kadar glukosa keseluruhan dalam darah yang sangat bagus bagi para penderita diabetes tipe 2.

Selain itu, daun sirih juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka yang biasanya menjadi masalah bagi penderita diabetes tipe 1. Daun sirih mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan yang baik untuk tubuh.

Jika direbus, air daun sirih dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Salah satunya dapat menurunkan risiko penyakit diabetes. Mengkonsumsi rebusan daun sirih merah secara teratur dan dengan dosis yang tepat akan mampu menurunkan kadar gula darah. Daun sirih mengandung senyawa alkaloid dan flavonoid yang bersifat hipoglikemik atau penurun kadar gula darah.

Cara membuat ramuan daun sirih merah untuk mengobati diabetes.siapkan air kira-kira 200 ml. Kemudian cuci dan iris-iris sirih merahnya. Cukup satu daun karena airnya hanya 200 ml, ini untuk sekali minum. Kalau untuk ramuan penurun gula darah, rebusnya agak lama bisa setengah jam, supaya banyak zat aktifnya yang terlarut dalam air.

Sebagai perumpamaan, jika pada awalnya menggunakan 200 ml air, maka direbus hingga hanya tersisa 100 ml, dengan menggunakan api kecil atau sedang.

Setelah direbus, airnya bisa diminum. Bahan yang digunakan hanya daun sirih saja tanpa campuran bahan lain. Kalau untuk orang diabetes di sarankan jangan pakai gula atau madu. Tapi kalau mau, bisa pakai stevia. Itu dia salah satu herbal pemanis tapi low glikemik atau low kalori.