DUTA PEMUDA 2020

Duta pemuda adalah salah satu progam pemerintah sebagai upaya menyiapkan bekal kepada pemuda yang ada di Indonesia. Diharapkan dari adanya pemilihan duta pemuda, mampu menjadikan pemuda Indonesia yang kreatif, inovatif, mampu bepikir kritis dan mampu memberi solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar. Selain itu dengan ini duta pemuda diharapkan mampu memotivasi pemuda yang lainnya sehingga menciptkan pemuda yang unggul dibidangnya. Alasan mengikuti duta pemuda karena saya ingin memanfaatkan kesempatan yang ada sebaik mungkin, menambah pengalaman dan relasi bagi saya, dan  membuat bangga orang disekitar saya yang selalu mendukung setiap langkah saya.  Persiapan yang saya buat untuk jambore dan pemilihan duta pemuda meliputi manambah pengetahuan umum, melatih public speaking dan juga mengasah talenta yang saya miliki. Di acara pemilihan duta pemuda dan jamboree saya memapilkan talenta saya yaitu, mc, musikalisasi puisi dan juga fashion show. Tak lupa saya berdoa dan meminta restu kedua orang tua, dan bapak ibu dosen pembimbing.

Tahap pertama pada tanggal 3-7 september 2020 pendaftaran peserta, dengan syarat dan ketentuan pemuda usia 16-28 tahun, penduduk asli kabupaten Tuban dengan dibuktikan FC KTP, belum menikah, dan mengumpulkan pas foto berwarna terbaru ukuran 3×4 (3 lembar), Dengan ketentuan membuat biodata lengkap, termasuk prestasi yang prnah dicapai den pengalaman organisasi  (disertai dokumen pendukung). Setelah dinyatakan lolos seleksi tahap pertama pada tanggal 9-11 september 2020 peserta melakukan audisi pemilihan duta pemuda. Pada tahap ini peserta diseleksi melalui tiga tahapan oleh juri dari Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda Dan Olahraga Tuban. Tiga tahap tersebut meliputi tes public speaking, wawasan umum, dan tes bakat. Peserta yang dinyatakan lolos audisi disyaratkan membuat video profil berdurasi dua menit, dan surat perizinan orang tua. Yang selanjutnya akan melaksanakan Jambore Pemuda dan Seleksi Duta Pemuda Kabupaten Tuban.

Jambore Pemuda dan Seleksi Duta Pemuda Kabupaten Tuban dilaksanakan pada tanggal 02-04 Oktober 2020. Kegiatan jambore pada hari  pertama berisi kegiatan pembukaan yang hadiri wakil bupati Tuban, dilanjutkan Ishoma dan penyampaian materi dan diskusi tanya jawab dengan tema “Pencegahan Bahaya Destruktif atau Narkoba oleh Pejabat BNNK Tuban, dan penyampaian materi dan diskusi tanya jawab dengan tema “Peran Pemuda Dalam Pelestarian Lingkungan Hidup” oleh Pejabat Dinas Lingkungan Hidup. Jambore pada hari kedua berisi kegiatan  out bound, penyampaian materi dan diskusi tanya jawab dengan tema “Focus Group Discusion (FGD) Strategi Pemajuan Kepemudaan Wawasan Kebangsaan. Selanjutnya prepare penilaian Duta Pemuda dan Pra Acara. Dan grandfinal dan final seleksi duta pemuda yang meliputi pengetahuan umum, public speaking dan pagelaran talenta. Jambore pada hari ketiga  diawali dengan senam pagi, makan pagi, penyampaian materi dan diskusi tanya jawab dengan tema “Kemanan dan Ketertiban Masyarakat” oleh Pejabat Polres Tuban. Selanjutnya dialog interaktif Peran Legislatif Dan Peluang Wirausaha Muda Dalam Pengelolaan Destinasi Wisata Kabupaten Tuban. Dan dari hari pertama terdapat penilaian-penilain dari juri disetiap acara baik  itu penyampaian materi dan diskusi tanya jawab. sampai hari ketiga Lalu di akhir acara yang di isi penutupan dan Pengukuhan Duta Pemuda.