Imun kuat kunci menghadapi pandemi Covid-19

Oleh Dwi Oktaviani – Prodi Gizi

Novel Coronavirus 2019 (2019-CoV) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Covid-19 adalah virus yang dapat menyebabkan gangguan pada saluran pernafasan, namun hingga saat ini masih belum tersedia vaksin yang diedarkan untuk masyarakat. Oleh karena itu, Kementerian Indonesia gencar menghimbau masyarakat agar senantiasa menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh.

  1. Pada dasarnya, tubuh manusia memiliki sistem imun atau daya tahan tubuh untuk melawan virus atau bakteri yang menyerang tubuh penyebab penyakit. Jadi apa saja sih hal yang harus dilakukan untuk memperkuat sistem imun disaat pandemi Covid-19 ? Hal – hal yang bisa dilakukan adalah:
    Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang
    Untuk mempermudah kita dalam mengkonsumsi makanan bergizi seimbang kita bisa menggunakan acuan Isi Piringku yang berupa :
    1. Makanan pokok yang merupakan sumber karbohidrat dapat berupa nasi, jagung, kentang, ubi – ubian.
    2. Lauk – pauk yang merupakan sumber protein dan mineral, lauk hewan antara lain : Daging ikan, ayam, telur. Lauk nabati antara lain : Tahu tempe, dan kacang – kacangan.
    3. Sayuran dan Buah yang merupakan sumber vitamin, mineral dan serat terutama sayuran dan buah yang berwarna banyak mengandung vitamin dan berfungsi sebagai anti oksidan yaitu vitamin A,C, Dan E.
  2. Berolahraga secara rutin
    Berolahraga juga terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh, berolahragalah dengan secara teratur paling tidak 30 menit setiap hari.
  3. Hindari Stres
    Stres juga dapat memicu turunnya sistem imun, dikarenakan pada saat kita mengalami stres dapat meningkatkan Hormon Kortisol. Nah, Hormon inilah yang menyebabkan turunnya sistem imun pada tubuh.
    Selain menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh, kita juga dianjurkan untuk tetap tidak keluar rumah jika tidak dalam kondisi penting. Selalu gunakan masker dan jika keluar rumah sediakan handsanitizer. Dan jangan lupa, untuk tetap mencuci tangan sesering mungkin dan menjaga jarak.