JAMBU MONYET YANG KAYA MANFAAT DAN MUDAH DIDAPAT

Oleh Dwi Maya Firdayanti – 19.12.2.149.094

Pada era new normal saat ini tubuh kita memerlukan banyak nurtisi. Selain untuk memenuhi gizi seimbang , tubuh kita juga membutuhkan banyak nutrisi untuk menjaga ketahanan tubuh atau imunitas. Nutrisi yang lengkap tidak hanya ada pada makanan atau buah buah yang mahal , mengingat Indonesia juga memiliki buah buahan yang memiliki segudang manfaat. Salah satu buah yang memiliki banyak nutrisi serta bermanfaat bagi tubuh kita adalah jambu monyet atau jambu mede. Tidak hanya terkenal dengan biji yang lezat, Siapa sangka buah yang sering kita jadikan rujak ini memiliki vitamin yang lengkap dengan nutrisi lain yang dibutuhkan dalam tubuh kita.

Jambu monyet atau Anacardium occidentale adalah buah berwarna merah dengan rasa sepat , asam dan manis. Buah ini memiliki getah yang terkadang menimbulkan alergi atau gatal jika tidak dibersihkan dengan benar. Meski demikian, buah jambu monyet memiliki kandungan gizi yang tidak dapat diremehkan lagi. Menurut dr. katya saphira, M.Gizi jambu monyet atau jambu mede mengandung banyak kandungan nutrisi. Vitamin seperti A, B, C, E, K , Asam folat, serta mineral seperti zat besi , serta seng. Seperti yang kita kita ketahui kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh kita, selain sebagai antioksidan manfaat dari kandungan tersebut juga dapat meningkatkan sel darah merah dalam darah.

Dilansir dari idnMedis.com jambu monyet memiliki kandungan gizi yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Protein yang terkandung dalam 100 gram jambu monyet adalah 18,2 gram. Jumlah ini dapat memenuhi 36% kebutuhan protein harian dalam tubuh kita.

Jambu monyet juga kaya akan kandungan vitamin yang diperlukan dalam tubuh antara lain. Kandungan vitamin C dalam jambu monyet sejumlah 0,5mg dalam setiap 100gram jambu monyet. Kandungan vitamin C dalam jambu monyet dapat memenuhi 1% kebutuhan harian akan vitamin C. Selain itu jambu monyet juga memiliki kandungan vitamin B yang komplit hingga dapat memenuhi 28% kebutuhan harian vitamin B.

Kandungan mineral dalam jambu monyet ini juga sangat banyak antara lain zat besi dimana dalam 100gram jambu monyet mampu memenuhi kebutuhan harian zat besi hingga 37%. Selain zat besi juga terdapat kalsium serta zinc yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Dengan demikian jambu monyet ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita diatara lain :

  1. Sebagai anti oksidan bagi tubuh
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh
  3. Mencegah anemia
  4. Mencegah timbulnya sel tumor
  5. Mencegah darah tinggi / hipertensi
  6. Menyehatkan tulang dan jantung
  7. Menyehatkan mata
  8. Memberi nutrisi bagi kulit
  9. Nutrisi yang baik untuk diet

Melihat berbagai manfaat berikut saat ini buah jambu monyet tidak hanya dipandang sebelah mata. Tidak hanya memanfaatkan bijinya. Masyarakat mulai sadar akan manfaat buah jambu monyet. Tidak hanya diolah sebagai lauk atau kuliner rumahan. Saat ini sudah banyak kita jumpai berbagai olahan jambu monyet, seperti abon jambu monyet , jenang hingga sirup jambu monyet. Oleh karena itu jambu monyet yang mudah didapatkan diberbagai tempat yang kaya akan manfaat ini selain dapat menjaga ketahanan tubuh, juga dapat menjadi ketahanan pangan serta ketahanan ekonomi karena manfaatnya yang melimpah serta mudah dalam pengolahannya dapat menjadikan ide bisnis kuliner, sehingga semua masyarakat dapat merasakan manfaat dari jambu monyet ini.