Jangan dibuang, manfaat kulit kentang untuk kesehatan

Oleh Tiya Permata Sari – 19.12..2.149.039

Ketika ingin memasak sayuran dan umbi-umbian yang memiliki kulit biasanya akan mengupas dan membuangnya. Nyatanya kulit dari umbi-umbian yang satu ini memili banyak manfaat untuk tubuh. Asalkan diolah dengan cara yang benar, ternyata kulit kentang akan memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh.

Memakan kulit ketang alih-alih utuh, anda juga akan mendapatkan manfaat untuk kesehatan karena mengandung mineral dan vitamin yang dapat memenuhi angka kecukupan gizi(AKG) harian tubuh.

Berikut ini sejumlah kadungan nutrisi dari dalam satu kulit kentang:
• Vitamin B5: 10 persen AKG
• Vitamin B6: 21 persen AKG
• Karbohidrat: 27 gram atau 9 persen AKG
• Kalsium: 20 miligram,atau 9 persen AKG
• Kalium: 332 miligram, atau 7 persen AKG
• Fosfor: 59 miligram, atau 5 persen AKG
• Magnesium: 25 miligram, atau 6 persen AKG
• Mangan: 0,4 miligram, atau 16 persn AKG
• Protein: 2,5 gram,atau 5 persen AKG
• Serat: 2,5 gram atau 5 persen AKG
• Tembaga: 0,5 miligram atau 53 pesen AKG
• Vitamin C: 8 gram atau 9 persen AKG
• Zat besi: 4 gram atau 23 persen AKG
• Zinc: 0,3 ,milgram atau 3 persen AKG

Manfaat kulit kentang untuk kesehatan

Mengonsumsi Kulit Kentang Akan Mendapatkan Lebih banyak Serta rendah kalori yang memberikan berbgai manfaat untuk kesehatan. Berikut ini sejumlah manfaat kulit kentang yang bisa anda nikmati

  1. Menyehatkan pencernaan
    Kulit kentang mengndung banyak serat yang bagus untuk kesehatan pencernaan.kandungan
    Selain dapat melancarkan buang air besar, serat dalam kulit kentang juga bermanfaat membantu meringankan divertikulitis, sindrom iritasi usus, wasir dan kondisi luar usus lainnya. Serat makanan juga diketahui berpotensi mengurangi resiko kanker usus besar.
  2. Menyehatkan tulang
    Manfaat kulit kentang dapat membantu menyehatkan tulang karena kandungan mineral di dalamnya dapat memlihara struktur dan kekuatan tulang. Nutrisi ini termasuk kalium, kalsium, fosfor, magnesium, tembaga, zat besi dan zinc.
    Makan kulit kentang dapat membantu menjaga kedapatan tlng dan membantu mengurangi resiko esteoporosis pada wanita setelah menopaus, serta mendukung struktur dan kekerasan gigi dan tulang,
  3. Mengontrol tekanan darah
    Khasiat kulit kentang juga dapat membantu mengelola tekanan darah secara alami berkat sejumlah kandungan mineral, termasuk kalsium, magnsium, dan potansium. Masing-masing mineral ini memiliki fungsi yang saling berkaitan dalam menjaga tekanan darah tetap stabil.
    Potasium membantu fungsi otot untuk melemaskan dinding pemuluh darah, yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kalium digunakan untuk melakukan sinyal jantung yang tidak teratur. Sedangkan magnesium membantu mempertahankan ritme jantung normal dan pengaturan tekanan darah.
  4. Meningkatkan kekebalan tubuh
    Manfaat kulit kentang sangat baik karena mengandung banyak flavonoid,sejenis antiinflamasi dan antioksidan yang melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi.
    Salah satu flavonoid yang ditemukan di kulit kentang adalah quercetin, yang dikenal karena stimulasi sistem kekebalan tubuh dan telah terbukti memiliki sifat antivirus yang dapat menghambat pelepasan histamin. Histamin adalah zat kimia yang dihasilkan sel-sel di dalam tubuh ketika mengalami reaksi alergi atau infeksi.
  5. Mencegah kanker
    Kulit kentang mengandung banyak phytochemical yang memiliki aktivitas antioksidan. Selain itu, kandungan kulit kentang juga memiliki bnyak asam kloregenik dan mencegah tubuh dari perkembangan kanker.
  6. Mengurangi kadar kolestrol jahat
    Selain menyehatkan pencernaan, kandungan serat yang tinggi dengan antioksidan, glikoalkoid, dan polifenol di dalam kulit kentang juga dapat membantu menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh.
    Guna mendapatkan manfaat kulit kentang yang menyehatkan, konsumsilah olahan kentang yang tidak dikupas kulitnya.
  7. Mengontrol gula darah
    Menambahkan kulit kentang ke dalam makanan bisa mengontol gula darah. Ini karena dalam kandungan kulit kentang kaya akan serat dan juga nutrisi lain yang diperlukan untuk mencegah naiknya kadar gula darah dalam tubuh.
    Khasiat kulit kentang jika dikonsumsi secara rutin atau dalam jangka panjang dapat membantu mencgah diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.
  8. Menurunkan berat badan
    Kentang mengandung karbohidrat tinggi yang memiliki peran penting dalam mengatur bert badan. Selain itu,kulitnya memiliki lemak, natrium,dan kelosterol dalam jumlah nominal. Ini adalah alasan mengapa manfaat kulit kentang cocok untuk membantu program penurunan penurunan berat badan.
  9. Mencerahkan bintik gelap di kulit
    Meski memiliki binti-bintik kecil, namun kandungan kulit kentang menawarkan senyawa fenolik, antibakteri, dan antioksidan yang berkhasiat sebagai pemutihan ringan pada bintik-bintik gelap di kulit.
    Cara mendapatkan khasiat kulit kentng untuk kulit wajah cukup mudah, anda hanya menggosok kulit kentang yang sudah dikupas diatas bintik-bintik gelap seprti dikulit yang terbakar matahari dan lingkaran hitam. Lakukanlah secara teratur sampai mendapatkan hasil yang maksimal dalam mencerahkan kulit.
  10. Mengobati anemia
    Manfaat kulit kentang dapat mencegah kemungkinan kekurangan drah atau anemia. Makan kulit kentang mampu memenuhi asupan zat besi yang tinggi untuk tubuh. Zat besi yang tergantung dalam kulit kentang bisa membantu menjaga jumlah darah tetap stabil
    Cara mengola kulit kentang
    Sebelum mengolahnya, cari kentang organik yang aman dari pestisida karena makan makanan dari produk organik akan lebih menyehatkan tubuh.
    Berikut beberapa cara mengolah kulit kentang untuk pengobatan dan kecantikan
    • Bersihkan kulit kentang
    • Potong kulit kentang
    • Rebus kulit kentang
    • Memanggang kulit kentang
    • Menghaluskan kulit kentang

Mengonsumsi kulit kentang aman, namun orang yang memiiki penyakit kelamin dan cenderng mengaalami afrodisiak tidak disarankn mengonsumsinya karena memiliki racun alkaloid yang memoengaruhi korban seksual. Orang yang memiliki alergi [gatal, kemerahan, pembengkakan,] jua harus menghindarinya. Itulah kasiat kulit kentang untuk kesehatan hingga efek sampingnya bagi tubuh. Meski pengobatan alami yang direkomendasikan, namun efektifitasnya belum terbukti secara medis. Menggunakan kulit kentang untuk pengobatan sebaiknya dibarengi dengan hidup sehat.