Kerokan Menjadi Cara Pengobatan Paling Ampuh

Oleh Dwi Septia – 19.12.2.149.010

Bagi masyarakat Indonesia dan tentunya daerah pedesaan tidak asing lagi dengan istilah “kerokan”. Kerokan disinilah cara pengobatan yang paling ampuh untuk mengobati penyakit terutama penyakit masuk angin.masuk angin merupakan kondisi ketika tubuh sedang tidak fit yang ditandai dengan pegal pegal,perut kembung dan mual. Sebagian besar masyarakat Indonesia percaya bahwa cara paling ampuh untuk mengusir angin yang masuk ke dalam tubuh tanpa diundang ini adalah dengan kerokan.Dengan adanya kerokan sebagian besar masyarakat Indonesia akan mengatasinya dengan kerokan.
Metode ini masih belum sepenuhnya terbukti secara medis, namun berdasarkan hasil penelitian responden menyatakan bahwa cara ini memang dianjurkan.Setelah dilihat dari sisi medis kerokan juga dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan.Akan tetapi jika kerokani ni dilakukan secara gemar maka akan menimbulkan dampak negative yaitu terbukanya pori pori kulit dan rentan dimasuki oleh bakteri.Hal ini dapat terjadi karena permukaan kulit akan bergesekan langsung dengan benda tumpul yang digunakan untuk menggosok tersebut.
Minyak yang sering digunakan untuk kerokan biasanya minyak kayu putih, minyak kelapa, minyak GPU, minyak telon dsb.Untuk alat gosoknya masyarakat desa biasanya menggunakan uang koin untuk menggosoknya.Setelah dikerok bagian yang sudah dikerok akan terlihat memar dan memerah dan terasa lebih hangat.Kerokan tidak hanya untuk menyembuhkan masuk angin akan tetapi kerokan juga dapat menyembuhkan penyakit diantaranya nyeri leher, pegal pegal, migran.
Akan tetapi tidak semua orang cocok dengan benda tumpul(uang koin) yang digunakan untuk kerokan tersebut.Oleh sebab itu ada beberapa orang yang alergi dengan uang koin atau logam akan merasakan kondisi yang berbeda,seperti timbulnya bintik bintik atau bruntus hingga mengakibatkan luka.
Tindakan kerokan memang sering menimbulkan efek badan terasa lebih enteng dan nyaman.Oleh sebab itu kerokan juga dapat mengakibatkan ketagihan.Ketagihan ini bisa terjadi karena kerokan yang sering dilakukan dan mengakibatkan rasa nyaman dan enak.Ketagihan ini bisa dihilangkan atau bisa dikurangi dengan cara mandi dengan air hangat dan mengoleskan balsem/geliga didaerah yang dibutuhkan misal perut,punggung dan leher.
Nah, jadi benar kerokan dapat membantu meredakan masuk angin,tetapi kamu tetap perlu berhati hati ya. Bila sakit kamu bisa langsung menghubungi petugas kesehatan atau dokter terdekat untuk menyembuhkan penyakit tersebut.