Konsumsi Jus Pare Bagi Penderita Diabetes

Oleh FIKA YULIA ISWANDA – 19.12.2.149.099

Apasih Pare itu??

Sebagian orang awam mengelola pare sebagai sayuran / masakan. Dengan diolah melalui berbagai tahap agar apat menghilangkan rasa pahit. Karena rasa pare yang pahit banyak orang yang jarang suka mengkonsumsi pare. Sejumlah orang mengelola pare dengan cara di lumuri garam beberapa jam, maupun di rendam dengan air kurang lebih semalam. Pare sangat mudah ditemukan dipasar-pasar tradisional maupun supermarket.

Pada artikel ini, saya tidak menjelaskan pare sebagai sayuran/masakan melainkan

MANFAAT PARE SELAIN UNTUK DIABETES

  1. Selain untuk diabetes manfaat pare sebagai obat untuk
  2. Sakit perut
  3. Demam
  4. Nyeri haid
  5. Menghilangkan jerwat dan flek
  6. Penurunan berat badan
  7. Banyak orang mengolah pare menjadi beberapa makan yaitu dengan cara krengsengan pare maupun kripik pare. Dengan pengolaham yang berbeda-beda untuk menghilangkan rasa pahit.

JUS PARE DAN DIABETES
Pare yang lebih dikenal sebagai sayuran, kini diolah menjadi jus sebagai obat bagi penderita diabetes. Pare yang br]entuknya hampir menyerupai mentimun dengan permukaan yang sedikit kasar, dengan rasa pahit tersebut mengandung anti oksidan tinggi yang mampu menangkal atau memerangi radikal bebas.Pada penderita diabetes kandungan yang terdapat pada pare berfungsi untuk menurunkan kadar gula. Disamping itu pare juga dapat meningkatkan sel pada pankreas yang berfungsi menghasilkan insulin. Meskipun pare bisa menurunkan kadar gula darah, namun pare belum di rekomendasikan sebagai obat tradisional bagi penderita diabetes. Pada saat produksi inulin dalam tubuh meningkat, kadar gula darah juga mengalami penurunan. Konsumsi pare berlebihan bisa menyebabkan diare, muntah, sakit perut, dan masalah pencernaan lain.Mengkonsumsi pare minimal dua hari sekali jangan terlalu sering.

BAGAIMANA CARA MENGOLAH JUS PARE AGAR TIDAK PAHIT?

  1. Ambil 1 buah pare (kecil) kemudian potong menjadi beberapa bagian.
  2. Buang isi yang terdapat di dalam pare, setelah itu cuci potongan pare agar bersih dari getahnya.
  3. Untuk mengurangi rasa pahit, rendam irisan pare dengan air garam selama kurang lebih 15 menit.
  4. Setelah 15 menit, buang air rendaman garam, cuci kembali dengan air bersih dan masukkan kedalam blender tambahkan air secukupnya. Blender hingga halus.
  5. Setelah halus, tuang kedalam mangkuk atau wadah, saring jus dengan saringan kain agar terpisah dari ampasnya.
  6. Pindahkan jus kedalam gelas dan siap di konsumsi.