MANFAAT AIR REBUSAN SERAI, DAUN SALAM DAN JAHE

Oleh Kana Paramila Tri Pamungkas – 19.12.2.149.020

Serai atau banyak orang yang menyebutnya dengan sereh merupakan bumbu yang biasanya digunakan untuk masakan, tidak hanya digunakan untuk masakan serai juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Serai juga memiliki aroma yang khas, jika dari kalian yang belum pernah tau rasanya serai, rasa serai adalah pedas hampir seperti jahe.

Daun salam adalah salah satu rempah yang juga biasanya digunakan untuk masakan sebagai bumbu penyedap. Air rebusan daun salam juga memiliki banyak khasiat sebagai obat herbal untuk menyembuhkan beberapa penyakit, misal penyakit asam urat dan darah tinggi.

Jahe merupakan rempah-rempah yang sudah biasa kita jumpai, jahe biasa digunakan untuk bumbu masakan dan juga biasanya jahe dibuat untuk minuman seperti wedang jahe. Rasa hangat dari jahe itu memberikan sensasi menenanagkan pikiran dan juga aroma jahe itu sendiri sangat khas sekali.

Disini saya akan membahas tentang manfaat air rebusan dari serai, daun salam dan jahe yang dicampur menjadi satu. Mengapa saya membahas ini? …..IYA Karena dikeluarga saya sudah menjadikan rebusan air dari serai, daun salam dan jahe sebagai obat herbal keluaga yang sudah turun temurun dari nenek saya. Ibu saya selalu membuat air rebusan ini untuk mengurangi rasa nyeri akibat asam urat. Manfaat dari rebusan air ini memang tidak langsung bekerja seperti obat yang didapat dari rumah sakit, tapi bertahap bisa mengurangi rasa nyeri yang diderita oleh ibu saya.

Manfaat dari serai, contohnya seperti:

1. Menguatkan tulang dan fungsi otot
Daun serai mengandung magnesium dan kalium yang sangat berguna untuk menguatkan tulang.

2. Meredakan Kecemasan
Semisal seperti minyak daun serai bisa digunakan sebagai aromaterapi yang berkhasiat membrerikan efek rileks dan tenang untuk meredakan kecemasan.

3. Mengontrol Tekanan Darah
Manfaat serai dalam mengendalikan tekanan darah karena adanya kandungan kalium. Untuk mengonsumsinya bisa dibuat teh serai.

Manfaat dari daun salam, contohnya seperti:

1. Mengobati Darah Tinggi

Air rebusan daun salam berguna untuk meningkatkan sirkulasi dan mengurangi tekanan darah.

2. Mengobati Asam Urat

Daun salam juga dipercaya dapat mengurangi kadar asam urat pada tubuh penderita asam urat.

3. Mengurangi Rasa Nyeri

Minyak yang dihasilkan dari daun salam juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri yang disebabkan jatuh atau keseleo, ketegangan otot, dan juga rematik. Hal ini karena adanya sifat antiperadangan dalam daun salam.

Manfaat dari jahe, contohnya seperti:
1. Mengurangi Rasa Nyeri
Mengurangi rasa nyeri pada sendi dan otot jika sesudah olahraga, bisa dengan meminum rebusan air jahe karena jahe mengandunng antiradang yang bisa mengurangi nyeri.

2. Mampu Menguatkan Imun Tubuh
Imun tubuh kita di situasi seperti: perubahan musim (musim pancaroba), Nah salah satu cara kita untuk tetap sehat, yakni dengan memperkuat imun kita dengan meminum jahe karena berbagai zat, seperti: gingerol, shigaols, zingerones (memperkuat antioksidan tubuh).

Oleh karena disini saya membahas manfaat rebusan air dari serai, daun salam dan jahe karena ketiga rempah-rempah ini kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. Banyak yang belum tau bahwa renusan ketiga bahan ini sangat bermanfaat untuk orang yang sering mengalami nyeri, asam urat ataupun tekanan darahnya tinggi.

Jadi kita bisa melihat bahwa bahan-bahan herbal juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Disamping itu juga ketiga bahan ini sangat muda didapatkan dipasaran juga, jadi jika kalian ingin mencoba menggunakan bahan-bahan herbal ini sangat mudah dan juka ekonomis dikantong para masyarakat.

Cara ini juga dapat menghemat uang untuk para penderita asam urat ataupun nyeri pada sendi lainnya. Tidak semua masyarakat memiliki cukup uang untuk dapat periksa ke rumah sakit ataupun berobat pada dokter dan bidan diwilayah sekitar tempat tinggal mereka. Jadi cara ini mungkin sedikit efektif untuk meyembuhkan rasa nyeri pada penderita asam urat.

Jadi itu dia manfaat air rebusan dari ketiga rempah-rempah tersebut, yaitu serai, daun salam dan juga jahe. Terimakasih, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk banyak masyarakat.