Pencegahan COVID 19 Untuk Saat Ini

Oleh Heny Dwi Mirawati – 19.12.2.149.101

Covid 19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus, virus ini banyak dikenal dengan nama virus corona. Sebenarnya jenis virus corona ini sudah ada sejak dulu, namun dibulan Desember tahun 2019 ditemukan virus corona jenis baru di Cina. Dan saat ini di Indonesia mengalami wabah ini atau bisa disebut dengan wabah COVID 19 dan di Indonesia sudah ditemukan mencapai 400.382 kasus positif yang terkena wabah Covid 19, pasien sembuh ada 326.000 orang dan untuk pasien yang meninggal sebanyak 13.612 orang.
Virus Corona merupakan family virus yang ditemukan pada manusia dan hewan. Sebagian dari virus ini dapat menginfeksi manusia serta menyebabkan berbagai penyakit mulai dari penyakit umum seperti flu biasa, hingga penyakit yang lebih berat, seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Pada bulan Februari 2020, WHO mengumumkan nama virus corona jenis baru yaitu Corona Virus Diease 2019 dan disingkat menjadi COVID 19.
Penularan Virus Covid 19 ini dapat terjadi melalui berbagai hal antara lain:
1. Droplets atau tetesan cairan yang berasal dari mulut dan hidung saat orang yang terinfeksi sedang batuk atau bersin, mirip dengan penularan penyakit flu.
2. Kontak pribadi seperti menyentuh dan berjabat tangan.
3. Menyentuh benda atau permukaan yang dengan virus diatasnya, kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata sebelum mencuci tangan.
Gejala yang dialami seseorang yang terpapar oleh virus Corona atau COVID 19 yaitu, demam, batuk, dan napas yang pendek atau bisa disebut sesak napas. Pasien yang terpapar virus Corona dapat mengalami gejala-gejala ini 2 dari 2 hari sampai 14 hari setelah terpapar oleh virus.
Cara Pencegahan Penularan Covid 19 antara lain:
1. Perbanyak cuci tangan menggunakan air dan sabun selama 20 detik dengan air mengalir sesuai dengan standar WHO.
2. Jika tidak ada air dan sabun, gunakan pembersih tangan alcohol dengan kandungan alcohol milimal 60%.
3. Hindari menyentuh wajah sebelum Anda mencuci tangan
4. Hindari kerumunan / keramaian.
5. Jaga posisi jarak dengan orang lain.
6. Hindari melakukan kontak langsung dengan orang sakit.
7. Konsumsi secara rutin vitamin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh saat sehat dan mempercepat penyembuhan saat sedang sakit.
8. Gunakan masker saaat keluar rumah.
9. Membersihkan dan mendisinfektan secara berkala barang – barang yang sering disentuh.

Untuk menjaga mental selama pandemi virus corona agar kesehatan mental kita tetap sehat, tips menjaga kesehatan mental selama pandemic Virus Corona:
1. Melakukan aktifitas fisik.
2. Menonsumsi makanan bergizi.
3. Menhentikan kebiasaan buruk.
4. Membuat rutinitas sendiri saat dirumah.
5. Lebih bijak memilih informasi.
6. Menjaga konsumsi dengan keluarga dan sahabat.