PENTINGNYA PEMENUHAN GIZI SEIMBANG PADA SAAT PANDEMI COVID-19

Oleh Bima Setya Alfiansyah – 19122149090

Pada masa pandemi Covid-19, Kita harus meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang merupakan kekuatan pertahanan tubuh melawan bakteri, virus, dan organisme penyebab penyakit yang mungkin kita sentuh, konsumsi dan apa yang kita hirup setiap hari. Meningkatkan daya tahan tubuh adalah salah satu kunci agar tidak mudah terserang virus Covid-19.

Pertama – tama mari kita mengenal apa sih gizi seimbang itu, Jadi Gizi Seimbang adalah susunan asupan sehari – hari yang jenis dan jumlah zat gizinya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Pemenuhan asupan gizi ini juga harus memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan mempertahankan berat badan normal guna mencegah masalah gizi.

Gizi seimbang terdiri dari asupan yang cukup secara kuantitas, cukup secara kualitas, dan mengandung berbagai zat gizi yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan, pertumbuhan (pada anak – anak), penyimpanan zat gizi, serta untuk melakukan aktivitas dan fungsi kehidupan sehari – hari. Untuk memenuhi Gizi Seimbang pada saaat pandemi Covid-19 ini kita bisa menggunakan Isi Piringku.

Dalam isi piring makan sehari – hari setidaknya terdiri dari :

  1. Makanan pokok yang merupakan sumber karbohidrat dapat berupa nasi, jagung, kentang, ubi – ubian.
  2. Lauk – pauk yang merupakan sumber protein dan mineral, lauk hewan antara lain : Daging ikan, ayam, telur. Lauk nabati antara lain : Tahu tempe, dan kacang – kacangan.
  3. Sayuran dan Buah merupakan sumber vitamin, mineral dan serat terutama sayuran dan buah yang berwarna banyak mengandung vitamin dan berfungsi sebagai anti oksidan yaitu vitamin A,C, Dan E.

Makanan sehat dan memenuhi nilai gizi memang seharusnya kita penuhi setiap hari bukan hanya di saat pandemi saja, selain makan makanan sehat dan bergizi kita juga harus memenuhi kebutuhan olahraga agar tubuh kita selalu sehat dan imun kita kuat untuk menghadapi semua bakteri, virus dan segala organisme yang menyebabkan penyakit di tengah pandemi covid-19 ini khususnya.