Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW STIKES NU Tuban

PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW : Membangkitkan Kecintaan kepada Nabi SAW

Pada hari Sabtu tanggal 2 Februari 2013 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIKES Nahdlatul Ulama Tuban memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Aula Stikes Nahdlatul Ulama Jl. Diponegoro No.17 Tuban dengan tema “Dengan Membangkitkan Kecintaan Kepada Nabi SAW Dapat Membangun Prestasi Generasi Penerus Bangsa”.

Dalam acara sebagai penceramah adalah budayawan nasional KH. Zawawi Imron. Selain itu juga dihadiri oleh Bupati Tuban KH. Fathul Huda beserta jajarannya. Dalam ceramahnya KH. Zawawi Imron menegaskan bahwa Bulan Rabiul Awal merupakan bulan yang sangat bersejarah dan berharga bagi umat islam didunia. Dimana pada bulan ini Alloh SWT telah mengaruniakan kepada kita umat manusia, seorang Nabi dan Rasul bernama Muhammad bin Abdullah sebagai rahmat bagi alam semesta alam. Sebagaimana firman-Nya,“Dan tiadalah Kami mengutus kamu (Muhammad), melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.” (QS. al-Anbiya; 107).

 

Tanggal 12 Rabiul Awal ini biasa disebut Maulid Nabi atau Maulud saja. Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Jadi Maulid Nabi Muhammad SAW (bahasa Arab mawlid an-nabī), adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW. Peringatan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad wafat. Masyarakat muslim di Indonesia umumnya menyambut Maulid Nabi dengan mengadakan perayaan-perayaan keagamaan seperti pembacaan shalawat nabi, pembacaan syair Barzanji dan pengajian. Peringatan ini bukan sekedar mengenang sebatas kelahiranya saja, lebih dari itu Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kita selaku umatnya kepada Nabi Muhammad SAW. Tujuannya adalah untuk membangkitkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW.

 

Berangkat dari sini sudah sepantasnya, kita selaku umatnya selalu bersholawat kepada nabi. sebagai bentuk kecintaan kita kepada nabi. bersholwat ketika duduk, berdiri ataupun berjalan. Bersholawat Ketika pagi siang sore maupun malam. Kita berharap semoga dengan peringatan maulid nabi ini menambah kecintaan kita kepada nabi dan kembali bersemangat menjalankan sunnah-sunnahnya yang agung .

Tags: 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*