SEBELUM TERLAMBAT YUK KITA KETAHUI PENYEBAB,FAKTOR YANG MEMUNGKINKAN KITA MENGIDAP DIABETES,DAN PENCEGAHANNYA

 

Nama: Tika

NIM: 19.12.2.149.123

Diabetes merupakan satu penyakit kronis yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga pada atas nilai normal. terdapat 2 jenis primer diabetes, yaitu diabetes tipe I serta tipe II.
Pencegahan diabetes penting diterapkan oleh siapa saja mengingat jumlah penderita diabetes yang terus meningkat setiap tahunnya. Selain untuk mencegah penyakit diabetes atau kencing manis, langkah pencegahan ini juga penting dilakukan dan menjadi bagian gaya hidup sehat.
Diabetes menjadi masalah kesehatan yang semakin memperihatinkan. Sekitar 450 juta orang didunia mengidap diabetes dan sekitar 15-17 juta orang disemua provinsi diindonesia,menurut data penelitian pada tahun 2018.
Adapun penyebab diabetes sendiri adalah tubuh tidak mampu mengolah glukosa darah kedalam sel,sehinggga glukosa menumpuk didalam darah. Diabetes tipe I disebabkan ketidakmampuan pankreas tidak bisa memproduksi hormon tertentu.sedangkan diabetes tipe II terjadi karena tubuh tidak efektif menggunakan hormon tertentu atau kekurangan hormon tertentu yang relatif dibandingkan kadar glukosa darah.Kadar glukosa yang tinggi ini dapat Mengganggu pembuluh darah kecil pada ginjal, jantung, mata, dan sistem saraf, sebagai akibatnya menyebabkan bermacam macam komplikasi.

Adapun faktor yang memungkinkan kita menderita diabetes diantaranya:
1. Diabetes tipe I
A. Faktor Genetik
Variasi dalam gerombolan gen HLA pada kromosom 6 berhubungan dengan diabetes tipe 1. Secara spesifik, diabetes tipe 1 pada orang-orang kaukasia dikaitkan dengan gen HLA-DR3 dan HLA-DR4.
B. Faktor Geografis
Kasus diabetes tipe 1 tampaknya meningkat dalam cuaca yang relatif dingin.menurut studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal European Society of Pediatric Endocrinology.Hal itu terjadi karena kurang vitamin D yang didapat dari matahari,sehingga dapat memicu penyakit Autoimun.
C. Faktor Lainnya
seperti mengkonsumsi susu sapi pada usia dini, air yang mengandung natrium nitrat, sereal dan gluten sebelum usia 4 bulan atau setelah 7 bulan, memiliki ibu dengan riwayat preeklampsia, serta menderita penyakit kuning saat lahir.
2. Diabetes tipe II
A. Obesitas atau berat badan berlebih
B. Kurang aktivitas atau kurang olahraga
C. Pola makan yang berlebih , membuat kadar kalori tubuh juga berlebih
D. Faktor genetik yang diturunkan atau diwariskan dari orang tua
E. Bahan bahan kimia dan obat obatan
F. Penyakit dan infeksi pada pancreas

Untuk kiat kiat penyegahannya sendiri adalah:
1. Pada diabetes tipe I
A. Melakukan pengobatan secara intensif bila mana ada keluarga yang mengidap biabetes tipe I
B. Melakukan tes DNA untuk mengetahui adanya gen pembawa penyakit diabetes tipe I
2. Pada diabetes tipe II
A. Mengonsumsi makanan rendah lemak
B. Mengonsumsi makanan tinggi serat
C. Mengurangi makanan dan minuman manis
D. Banyak melakukan aktifitas fisik dan rajin olahraga
E. Mengurangi berdiam diri atau duduk terlalu lama
F. Menghindari atau berhenti Merokok
G. Mengelola stress dengan baik
H. Mengecek gula darah secara rutin