Tips Menjelang persalinan di tengah Pandemi

Oleh: Nela Desya Putri

Saat ini kondisi Indonesia bahkan dunia sedang tidak baik-baik saja semenjak munculnya isu virus Corona / covid 19 Bulan Desember tahun lalu. Hal ini tentu membuat banyak pihak yang khawatir karena virus covid 19 ini sangat cepat sekali menyebar luas dan menular dan menyebabkan banyak komplikasi bahkan dapat berujung kematian.

Banyak masyarakat yang cemas dan takut akan situasi di tengah Pandemi saat ini salah satunya para ibu hamil dan terutama ibu ibu hamil yang sudah memasuki trimester ketiga dan yang akan melangsungkan persalinan juga merasakan was-was dan kebingungan untuk memeriksakan kandungan nya ataupun bersalin di rumah sakit.

Nah untuk mengantisipasi kebingungan dan kecemasan menjelang persalinan ada beberapa tips bagi ibu pra persalinan .

Apa aja sih yang harus di persiapkan saat akan memeriksakan kandungan ke rumah sakit?

  1. Buat jadwal pertemuan dengan dokter/ bidan / tenaga medis lainnya, agar dapat mempersingkat waktu dan tidak perlu menunggu atau antre, dengan begitu akan mengurangi resiko penularan covid-19.
  2. Usahakan tidak membawa anak kecil. Karena sistem imunitas pada anak kecil / bayi masih sangat labil sehingga akan sangat rentan tertular virus covid-19.
  3. Selalu memakai masker, membawa dan mencuci tangan dengan sabun / handsanitizer, terlebih setelah menyentuh apapun yang berada di tempat umum
  4. Melakukan pemeriksaan suhu
  5. Menerapkan sosial distancing (minimal 1M) / tidak berkerumun karena dapat mengurangi resiko dari droplet pemicu virus covid19
  6. Menggunakan barang pribadi/ tidak bergantian (baik sarana transportasi, mukenah, dll)
  7. Tidak berjabat tangan atau berpelukan dengan siapapun
  8. Melaporkan ke bidan/ dokter/ tenaga medis jika terdapat tanda gejala seperti demam, sakit tenggorokan, batuk, sesak nafas, dll.
  9. Setelah kembali atau pulang dari ruangan rumah sakit segeralah mencuci tangan sebelum berkumpul dengan keluarga dirumah.

Selain itu, ada juga yang harus di persiapkan menjelang persalinan / memasuki trimester ketiga:

  1. Mengenali tanda gejala normal dimulainya persalinan seperti kontraksi yang teratur dan makin lama makin sering dan kuat, keluarga lendir bercampur darah, adanya pembukaan jalan lahir. Apabila terdapat salah satu dari tanda gejala tersebut maka segera hubungi tenaga medis
    /bidan/ dokter terdekat di kawasan rumah anda.
  2. Mengenali tanda gejala bahaya kehamilan seperti tekanan darah tinggi , kejang, nyeri kepala hebat, mual muntah, pandangan mata kabur, perdarahan dari jalan lahir yang hebat, ketuban pecah sebelum waktunya, nyeri perut hebat dan tidak berhenti. Apabila terdapat salah satu dari tanda gejala tersebut maka segera hubungi tenaga medis / bidan / dokter terdekat di kawasan rumah anda agar dapat segera mendapatkan pertolongan pertama.
  3. Beritahu bila ada / memiliki penyakit penyerta seperti asma, jantung, diabetes melitus, dll.
  4. Istirahat yang cukup , makan yang bergizi dan teratur
  5. Olahraga ringan dan teratur
  6. Mempersiapkan fisik, mental, pendamping persalinan maupun finansial untuk persalinan
  7. Selalu berpikir positif dan gembira menyambut kelahiran buah hati . Tidak terlalu was-was karena setiap rumah sakit pasti sudah mengatur sistem yang aman untuk melindungi dokter/ bidan / tenaga medis dalam melawan tertularnya virus covid-19